Home » » Peralatan Elektronika dan Fungsinya

Peralatan Elektronika dan Fungsinya


Dalam melakukan sebuah triubleshooting komputer atau perlatan elektronik lainnya tentu saja tidak lepas dari peralatan yang menunjangnya. Di bawah ini adalah nama-nama perlatan yang sering dan penting dalam perbaikan suatu perangkat elektronik.

Peralatan Elektronika

1. Obeng
Untuk yang satu ini pasti sudah tau dan telah menggunakan nya. ya ini adalah obeng yang guna nya adalah untuk membuka skrup kecil atau pun besar. Dalam jenis nya obeng sendiri aja yang berujung obeng Plus(+) dan ujung Minus(-).

2. Cutter
Fungsi Cutter sendiri adalah sebagai alat pemotong atau pun pengupas kabel dan lain-lain.

3. Tang Potong
untuk alat ini adalah alat yang berfungsi untuk memotong bagian kulit kabel.

4. Tang Jepit
Untuk alat ini berfungsi untuk menjepit baut ataupun menjepit bagian elektronik yang sulit dijangkau oleh tangan. Selain itu juga alat ini berfungsi untuk membengkokan besi kuningan dll.

5. Solder
Alat ini berfungsi untuk melelehkan timah dalam pemasangan kaki komponen ke papan PCB ataupun ke kabel. Dalam penggunaan nya solder yang baik adalah solder yang memiliki daya 300 Watt.

6. Sedot Timah
Alat ini berfungsi untuk menyedot bagian timah atau pun membersihkan timah yang menempel di PCB. Dalam penggunaannya, alat ini dibarengi dengan timah yang dilelehkan terlebih dahulu dengan solder kemudian di sedot dengan alat ini.

7. Tespen
Alat ini berbentuk seperti obeng seperti biasa nya. Dalam penggunaannya, alat ini digunakan untuk mengetahui benar tidak nya ada aliran listrik dalam rangkaian listrik. ketika dalam sebuah rangakaian terdapat sebuah aliran, maka tespen akan menyala dan sebaliknya jika tidak ada aliran listrik maka tespen akan mati.


















0 comments:

Post a Comment